Minggu, 15 Februari 2009

Memposting Artikel secara Berkala dan Terjadwal

Kalau di liat liat di dasbor bloggerku, banyak banget temen temen blogger yang memposting artikelnya secara bersamaan. Misalnya hari itu langsung memposting 5 buah artikel dalam waktu yang hampir bersamaan. Ini malah banyak di lakukan oleh para blogger professional *maaf gak bisa nyebutin nama namanya, privasi katanya, hahahaha* , aku bener bener gak tau dengan alasan apa para blogger professional tersebut memposting artikel artikel tersebut secara bersamaan. Mungkin lagi kebanyakan ide? Atau gak tau cara menjadwalkan suatu postingan? Atau itu adalah jurus buat meningkatkan pagerank secara cepat? Ach, aku yang pemula ini bener bener di bikin bingung..

Pertama, kok ya mereka bisa dapet ide menulis yang begitu banyak sich? Aku yang pemula ini aja kadang bingung mau
posting apa biar berguna dan menarik di baca. Kok ya mereka malah menghambur hamburkan ide menulisnya. Mbok ya aku ini di kasih ide nulis, biar postingannya banyak, hahahaha maunya gituh..


Kedua, kalau di bilang gak tau cara menjadwalkan suatu postingan, ya gak mungkin lah, secara mereka kebanyakan adalah blogger blogger professional *salah satunya adalah mas albri*, gak mungkin dong mereka gak tau cara menjadwalkan suatu postingan..


Ketiga, apa itu jurus buat meningkatkan page rank secara cepat? Ach, bisa jadi tuch, andai aku punya stok tulisan yang banyak, pasti ku ikutin cara itu, mau coba coba gitu, hahahaha, tapi wong idenya nulis kadang ngadat, bisa posting aja bersyukur kok. Hahahaha..


Gak bisa dipungkiri, memposting artikel secara berkala itu sangatlah penting, apalagi buat pemula yang masih belum punya banyak temen seperti aku ini. Yaaaa biar orang yang berkunjung ke blog kita gak sia sia mampirnya..
Menurutku, postingan yang baik itu ya 2 hari sekali *ini buat pemula lo*, atau bisa juga 3 hari, biar dapat respon dulu *koment gituh maksudnya* dari para pembaca. Kalau blog kamu udah terkenal, seperi punya cebong atau para blogger professional yang lain, selang waktu 2 hari itu udah terlalu lama lo, soalnya pengunjung ya penuh, artikel baru keluar 1 menit, yang ngasih koment sudah puluhan, hahahaha, makanya para blogger professional itu biasanya update artikelnya sehari sekali. Hehehehe, kapan ya blog ku ini banyak pengunjungn ya? Hahahaha *ngarep buanget*..
Kalau kita *para blogger pemula* sedang banyak ide, dan lagi ada waktu buat nulis, mending nulis artikel aja, yang banyak sekalian, tapi jangan di posting secara bersamaan, posting aja secara berkala dengan jarak antar postingan 2 atau 3 hari gituh. Blogger punya fitur postingan terjadwal ini kok..
Artikel bisa di ketik dulu di Ms Word, tapi kalau aku lebih senang ketik langsung di blogger, soalnya kalau di keik di Ms Word, gak bisa langsung masukin link ma edit warna teks. Kalau sudah di ketik, terus di terbitkan *kaya’ majalah aja* dengan jadwal, jangan hanya di simpan di draff. Kalau cuman di simpan di draff, ntar kalau mau menerbitkan artikelnya harus buka draff dulu, kalau langsung di posting dengan jadwal yang udah di tentukan, kan secara otomatis akan diterbitkan berdasarkan jadwal yang sudah di tentukan..
Buat temen temen yang masih menganggap dirinya pemula dan belum tau bagaimana cara menjadwalkan suatu postingan agar terbit menurut tanggal dan jam yang kita tentukan, silahkan ikutin sedikit cara ini..
Pada saat teman teman akan menulis artikel di katak artikel baru di dasbor blogger masing masing, tentunya teman teman melihat opsi seperti yang ada di gambar ini :


Buat yang belum menemukannya, tempatnya ada di pojok kiri bawah, dari kotak tulis artikel tersebut..

Silahkan klik Opsi tersebut, maka akan muncul kolom pengaturan jam dan tanggal kapan artikel tersebut akan di terbitkan, kalau kita menyaturnya dua hari ke depan, maka artikel tersebut akan diterbitkan dua hari lagi. Gambarnya seperti ini :

Syaratnya untuk menggunakan fitur penerbitan artikel terjadwal ini adalah setelah teman teman selesai menulis artikel, jangan menekan Opsi “Simpan”, tapi setelah mengatur tanggal nya, harus menekan opsi “Terbitkan Entri” atau apalah bahasa londonya, aku lupa. *hahahaha, padahal ya gak tau bahasa inggrisnya apa, Sssssssssssssttt jangan keras keras, malu kan kalau di dengar orang*..
Sekian dulu ya, semoga bisa sedikit membantu teman teman yang belum tau..
Semangat ya..

Sedikit kutipan dari aplikasi mjBook :
Tadi malam, aku suruh bidadari datang menjaga tidurmu. Ech bidadari itu malah langsung balik sambil ngedumel. Aku jadi bingung dan bertanya “Kenapa kok balik lagi?”, bidadarinya bilang “Masa’ bidadari di suruh jaga bidadari sich..”


^_^

37 komentar:

  1. sangat menarik, dan sangat berguna bagi saya...
    trimaksih mas...

    BalasHapus
  2. # TERIMA KASIH MAS SURYADEN :
    ah mas ini ada ada aja..
    semangat ya..

    BalasHapus
  3. wahh
    bener juga nih mas..blogger pemula kaya diriku ini postingnya jarang banget...susah cari ide dan susah bagi waktu hehehe...
    pengen juga sih posting tiap hari heheheh

    BalasHapus
  4. banyak memang dalam satu hari posting 4 artikel, 3 paid review 1 buat ilangin jejak... kekekekek ;)

    kalau saya malah lebih senang bikin draft pake tulis tangan dulu, baru nanti diketik ke notepad atau langsung ke blogger. proses ketik ulang itu sering menimbulkan ide perbaikan... itu saya lho :)

    BalasHapus
  5. terima kasih :

    # mbak atca : kalau mbak atca blogger pemula??? lalu saya apaan dong??? lawong blognya keren dan banyak banget pengunjungnya kok katanya pemula??? hayo hayo ngaku..

    # sibaho : hahahaha. ya, namanya kebiasaan orang lain-lain mas, jadi jangan takut berpendapat. semangat ya..

    BalasHapus
  6. Halah jangankan mosting rutin.. yang kadang-kadang aja, ampe ngiler-ngiler mikirnya...

    ciri2 Blogger yg kehabisan ide postingan :
    Kalo jalan suka tengok kanan kiri
    Kalo duduk sering mukul kepala ndiri
    Kalo diam suka lupa nutup mulut..mlongo
    Kalo senyum pasti sedang nemu ide buat postingannya.

    BTW .. suer nice inpo.

    BalasHapus
  7. wuahahaa... kirain apaan, eh ternyata ada tutorialnya...,iya jg sih ,blog ku yg bahasa londu udah ada postingan berschedule untuk 60 hari. hahahha..walau isi postingnya 1 kalimat doang.

    tp klo sarang penyamun ya tergantung mood, ide,waktu luang dan koneksi deh.

    yg penting happy aja deh....

    BalasHapus
  8. Panjang nih postingan.
    Semangat.semangat... Blogku aja yg masi sepi tetep semAgit. He

    BalasHapus
  9. Wakkwawkwakwaw, keder emang . klo modelnya kyak bgtu.

    shari posting 5 .mo koment yg mana coba . nga metal ah alias nga seru .

    yg ada malah bikin males pembaca . dikarenakan males komenin 1-1 wakakaka ..

    mantaf neh tutorialnya . hayo yg blom tau langsung di praktekin di te ka pe masing2.

    salam knal yo ..
    follower ku dah kupasang . thaks yah .
    plus fuda kasih hadiah . di add di update artikel fuda ekekeke

    BalasHapus
  10. hahaha...
    posting 5 kali sehari...
    4 sehat 5 sempurna.. tapi klo buat nulis kayaknya bakalan kehabisan stok.. wkwkwk
    nice bro...

    BalasHapus
  11. habis ngetik terbitkan entri halah
    wkekekekekek kalok menurutku yah sehari sekali, kalo posting review pun dibarengi yg basa indonesia, wong ya males baca inggris kan ..diriku jg males ixiixixix..jadi biar ttp ada suguhan gituh...
    tiap orang pny cri dan gaya menulis yg berbeda, bi yor selep deh pokoke..kekeee...
    kalo sehari 10 kali, bisa megap megap yg baca, malah paling komengnya. nice post thok

    BalasHapus
  12. Mantap postingannya.....keren tanda tanyanya...?
    salut..salut

    saya juga pernah sehari posting sampai 3 judul walau ada yang copy paste tapi saya sembutkan sumbernya..

    dan di Aceh Blogging saya posting di bulan januari dan februari sangat kontinue/terus menerus dalam sebulan lebih dari 40 posting

    dan saya lihat ada kemajuan di page rank Alexa yang baru saja update dari 3,400,000 langsung meluncur ke 600,000-an dan sekarang 500,000-an

    gak tau PR Google kapan update....ini pengalaman saya loch Bang...

    BalasHapus
  13. Oh ya..saya dapat ide ini dari salah satu blogger senior/Top juga...saya perhatikan kok blogger ini tiada hari tanpa posting...namanya A.Fatih Suhud...tentu abang kenal kan sama blogger top ini

    BalasHapus
  14. banyak membaca pasti banyak dapat ide buat nulis postingan. kalo mostingnya terjadwal bisa datengin banyak pengunjung juga, kdg org bisa bosan krn kt lama posting, yg disuguhin itu-itu aja, jd mereka pada malas berkunjung lagi. selain itu postinga kita jg harus unik, jgn asal copas ato ngebahas sama spt blog lain, kan org jg bosan. DEMIKIAN SEKILAT INFO dari casual cutie...
    btw, mana donk coklat valentine buat casual cutie???

    BalasHapus
  15. heheheh.... :)
    pesanan yang simple... sedang digodok... :)
    loading cepat ...??!! itu tergantung si pemakai masang widget, posisi naruh script, dan gambar....
    kalo masang banyak widget dan gambar ... ya alamat... templatenya pasti berat....

    :) :)

    heheheh.... wenak tenan memang, kalo ada posting terjadwal... :)

    BalasHapus
  16. aku awal2 ngeblog juga gitu kok, suka susah nyari ide.. tapi lama2 bakal kebiasa nyari bahan postingan.. dan lama2 lagi, malah kadang bosen.. hehehe..

    ayo semangat!! :)

    BalasHapus
  17. he3x gue banget tuh.. satu hari posting segabrek.. alasannya sih simple aja.. ga ada duit buat ngenet tiap hari. ngenet cuma kalo lagi ada duitnya aja (jujur banget neh gue... maklum mahasiswa, semuanya serba irit)...

    bagus sih sebenarnya idenya, biar blognya fresh terus tiap diliat orang. sayang ane bukan blogger sejati... mungkin lebih pas disebut blogger hantu, muncul cuma sekelebat. esok2 hilang, belum tentu minggu depan muncul.. he3x

    BTW thanks buat masukannya.. dah saya terusin ke yang bersangkutan langsung, buat ngecek ulang, buka aja lagi blog saya, disitu ada tanggapan balik dari saya. regard!

    BalasHapus
  18. boleh di coba tuh tapi mo di coba gimana lah wong aku postingnya 1bulan sekali wkwkwkwk eh nda ding,salam kenal aja pada kunjungan yang pertamax ini

    BalasHapus
  19. terima kasih :

    # pingin ngeblog : hahahaha, bener banget tuch ciri cirinya. aku juga kadang bisa mati ide, ya maklumlah, namanya juga pemula..

    # sarang penyamun : kalau mas itu aku anggap seorang master blogger juga (PR 4 gituh), mau ditinggal sebulan, sekali ada postingan, pasti pada ngumpul lagi tuch penggemarnya, termasuk diriku ini lo. masalahnya, kalau aku gak cepat cepat update, ya kasihan yang berkunjung..
    ntar gak ada bahan bacaan..

    # mas bibit : tetap semangat..

    # fuda : emang pemikiran orang beda beda kok ya??? hahaha, thanks ya..

    # roemly : kalau aku, bener bener bisa nyuri artikel temen tuch kalau harus posting 5 kali sehari, lawong sekali dua hari aja megap megap..

    # cebong : bener banget tuch bong, tapi denger denger, posting artikel langsung 5 artikel sehari bisa meningkatkan pagerank lo..

    # baka kelana : kalau mas fatih itu guru saja bang, hahahaha, ya walaupun gak secara langsung, tapi saya belajar membuat blog pertama kali ya baca artikelnya mas fatih. emang sich bisa ningkatin pagerank, tapi kalau sehari sekali aja saya gak sanggup bang, paling paling 2 hari sekali..

    # casual cutie : emang bener banget itu, karena itu aku posting aja 2 hari sekali, itung itung nunggu koment datang..

    # cahaya biru : makasih ya udah merespon diriku ini, hahahahaha, tak tunggu template. gratis ya??? hahahaha

    # life : kadang emang muncul perasaan bosen sich kalau udah posting malah gak ada yang merespon, tapi semoga blog ku ini bisa jaya ya..

    # mr. riddler : iya, kamu juga suka posting kadang sampai 4 kali sehari, langsung malahan. ya di jadwalin aja postingannya, biar lebih enak gituh..

    # awei : salam kenal juga..

    BalasHapus
  20. Biar pengunjung blob mu rame...neh kutambah satu..., itupun klo gak ditolak...he..he....

    Kamu mending dah bisa njadwal postingan, klo aku pas ada mood tiba2 muncul ide langsung post, kadang malah ada salah nulis, laen hari baru diedit...he..he....

    Lam kenal dari sesama nowbie (blogger baru)

    BalasHapus
  21. terima kasih :

    # forlan : sama sama..

    # ijo : makasih ya udah mampir, hehehehe, salam kenal juga..

    BalasHapus
  22. benar tuh blogger profesional suka mengobral posting artikel sehari bisa 3 posting atau lebih banyak lagi

    btw thanks ya sudah ngasih tau letak tombol Jadwal penerbitan entri :D

    saya baru tahu letaknya lho.....

    BalasHapus
  23. salah satu blog paling terkenal (yang sayah tahu) dan belom ada yang nyaingi (versi sayah lagi) adalah jokosusilo.com sekali posting ratusan komen dia kemas, wow.
    jadi pebisnis dulu kali ya biar blog rame hehe

    BalasHapus
  24. Aku malah jarang bgt postingnya :D

    BalasHapus
  25. penegn juga sekali posting..bedeubuar langsung 1000 postingan!
    hehehehehehhe

    BalasHapus
  26. "walah, tips buat cewk ya???
    oiya, wajahku tuch berminyak banget, cara buat ngilangine gimana ya???
    aku itu kerja terus di lapangan, debu dan polusi banyak, waktu ngebersihin wajah gak ada blas..
    cuman pas mandi doank, kalau pulang malem ya gak mandi. hihihihihihi.."

    wah wajahnya berminyak ya??? coba deh produk pelembab dan pembersih wajah yang bisa mengontrol kadar minyak pada wajah. skrg ini udah banyak kok, contohnya oriflame (casual cutie percaya 100% sama produk ini), tp ada juga yang lain, tergantung isi dompet hehe. jangan sampe ga mandi donk, jorok...bau...bisa kena penyakit kulit nantinya...
    temen (cowo) casual cutie ada yg jarang mandi juga, akibatnya selangkangannya tumbuh jamur. bentar2 garuk. hiiii...kirain garuk apa...

    BalasHapus
  27. aku msh termasuk belajar rutin mosting nih

    BalasHapus
  28. terima kasih :
    # rio : sama sama..

    # eros : ah yang bener ros??? keren banget tuch..

    # cak win : tapi kan cak win sekali posting pasti banyak banget yang ngasih koment. hehehehe

    # galih : hehehehe.. gak bakal di baca orang tuch, per cuma aja, ntar malah sia sia..

    # casual : hehehehe, abise kalau pulang malem pasti lelah banget, langsung dech peluk guling trus tidur.. hehehehe.. thanks ya tips nya..

    # ely : semangat ya mbak..

    BalasHapus
  29. wewwww... pingin langsung ambil karung angkut semua...wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  30. terima kasih :
    # stainly : sama sama..

    # senoaji : silahkan silahkan..

    BalasHapus
  31. blogmu kan uda keren dan.....

    BalasHapus
  32. # terima kasih renspandy :
    maksih mas..
    jadi malu..
    xixixxixixxx..
    *norak mode ON*

    BalasHapus
  33. seep terimakasih , pencerahannya...

    BalasHapus
  34. # terima kasih subagya : sami sami kang..

    BalasHapus
  35. Gimana ya biar ide posting itu terus timbul??
    terimakasih inspirasinya..

    BalasHapus

Disini gak dilarang berkomentar, jadi silahkan berkomentar..
Monggooo..