Minggu, 18 Januari 2009

Review Nokia N95 Ala Rampadan

Postingan ini di minta oleh Om Alifahru, mungkin beliau minta Review Handphone Nokia N95 ini karena mau beli kali ya. Gak tau ahh, orang aku juga gak sempet nanya sama Om Alifahru. Buat yang pengen tau alasannya, silahkan tanya sendiri aja..
Kembali ke topic, ternyata susah juga mengulas barang yang kita sendiri belum punya. Karena itu aku sangat bersyukur bisa menyelesaikan tugas yang di amanatkan beliau padaku ini.
N95? Nama tenar Nokia N-Series udah terkenal sampai ke penjuru dunia, sejak sukses dengan seri N73 nya, Nokia jadi semakin giat menelurkan produk produk barunya.
Handphone padat fitur ini pertama dikenalkan pada bulan September 2006 yang lalu (nyontek majalah PULSA). Setauku, ini handphone pertama Nokia yang mengenalkan GPS receiver internal, dan juga fitur Accelerometer sensor.

DESAIN
Handphone satu ini desainnya terbilang unik, Double Slide gituh, bisa di geser ke atas dan juga ke bawah. Saat bagian layarnya di geser ke atas, maka secara seketika keypad yang berdesain sederhana itu akan muncul. Namun saat bagian layarnya di geser ke bawah, maka tombol control musik yangs ekaligus tombul game akan muncul, unik memang..
*kalau itu sich semua orang udah tau Dan. Kuper lo. Hehehehe. Ya maaplah*




Kalau aku pribadi, gak begitu suka dengan desainnya. Secara pada desain Slide seperti ini, kabel fleksibelnya harus bekerja ekstra. Lebih rentan rusak, apalagi yang suka sms seperti saya, waduh, mending jangan beli yang model Sliding. Selain itu, bodinya juga terhitung MONTOK, yaitu 9.9cmx5,3cmx2cm dan dengan berat 125 gram (nyontek lagi dari majalah PULSA). Dengan dimensi yang semontok itu, rasanya gak pas kalau masuk kantong.

LAYAR
Ini yang bikin menarik hati. Layarnya termasuk sangat lebar untuk sekedar sebagai Handphone, yaitu 2,6”. Dengan kualitas TFT 16,7 juta warna dan resolusi 240x320 pixel, layar 2,6” ini bisa tertampil bagus kok. (nyontek dari GSMARENA dan Majalah PULSA)*Lo katanya layarnya 2,6" , kok gambarnya kuecil kuecil sich Dan, mau gimana lagi, ini aja boleh nyuri*

SYSTEM dan USER INTERFACE
Handphone satu ini juga termasuk Smart Phone lo, karena udah mengusung OS Symbian v 9.2 S60 3rd Edition Feature Pack 1. Sama seperti 6120c punyaku ini. Di Feature Pack 1 ini ada menu 3D nya lo, hehehehe bangga gue..
Dengan adanya Accelerometer Sensor, layarnya jadi Auto Rotate. Jadi saat kita memiringkan handphonenya, maka layar akan langsung berubah pada Mode Landscape.

HSDPA dan KONEKSI
Buat yang suka internetan, bisa manggunakan handphone ini sebagai Modem HSDPA yang bisa di andalkan kok. Kita juga bisa melakukan Video Call dengan bantuan Kamera Sekundernya. Koneksinya juga terbilang lengkap ada Infra Red, Bluetooth, Wifi yang udah UPnP. Wifinya ini bener bener bisa di andalkan saat ada hotspot gratisan. Dengan slogan UPnP (Unniversal Plug and Play *setauku gituh*) yang di usung oleh Wifi nya, jadi bisa diandalkan.

MUSIC dan VIDEO
Pemutar musiknya sama seperti milik N73 saya, sama persis. Ini lebih bagus dari pemutar musik 6120c punyaku ini. Menurutku pemutar musik ini bagus banget, stabil dan gak rewel, apalagi bisa search lagu dangan hanya menuliskan judul lagu, tapi masih kalah sama miliknya 5320 XM yang memiliki fitur Say n Play. Pemutar videonya udah biasa aja, seperti biasa menggunakan Real Player..
Untungnya jack Audionya udah di kasih yang 3,5mm sama Nokia, jadi bisa pilih pillih Headset yang lebih yahuuuuuuuud sesuka hati kita. Port 3,5mm ini juga terbilang lebih tahan lama di bandingkan pop port seperti milik N73. N95 ini juga di lengkapi TV uot, jadi bisa buat Presentasi di kantor dengan sangat mudah.

KAMERA
Ini yang seru, ini adalah handphone pertama nokia yang dipersenjatai kamera 5 Megapixel dengan Carl Zeiss Optics yang gak bisa diragukan kualitasnya, serta fitur Autofokus, Xenon Flash, yangmembuat hasil kameranya jadi bener bener keren abiiiiiiiiiizs. Fitur fitur pengaturan pada kameranya cukup lengkap, jadi jangan pernah bilang hasil fotonya jelek. JANGAN PERNAH BILANG YA (kalau di ejekin ntar Om Alifahru gak jadi beli lo). Sayang sungguh saying, kameranya belum di lengkapi Geo Tagging yang bisa menunjukkan keterangan letak pemotretan dengan bantuan GPS Receivernya. Tapi seiring waktu berjalan, aku yakin Nokia akan mengeluarkan Firmware baru yang udah bisa Geo Tagging kok, jadi di tunggu aja..
Ini beberapa sample foto yang aku dapet dari GSMARENA, maklumlah kan gak punya handphonenya, jadi ya nyuri aja samplenya..

GSP NAVIGATION dan MAPS APPLICATION
Ini juga keren, apalagi saat ini udah ada peta jawa bali yang bisa buat hiburan. Aplikasinya sudah pre install kok, kalau belum ada bisa di downloan gratis dari nokia. Khusus untuk daerah DKI JAKARTA petanya udah cukup detail kok. Saying sungguh saying, dari temen temen di KASKUS mengatakan kalau connectnya dengan GPS cukup lama, sekitar 3 menitan. Bisa nunggu konek GPS sambil potong kumis nich..
Fitur fitur yang lain termasuk bisa di bilang Starndart aja, yang aku denger, baterainya gak begitu tahan lama pada pemakain fitur berat..
Semoga Artikel ini bisa memuaskan Om Alifahru, dan bisa jadi bahan pertimbangan buat temen temen yang pengen beli N95. Untuk yang dananya tidak memcukupi, bisa melirik Samsung i450 dengan mengangkat desain yang sama..

21 komentar:

  1. N97 dums, ama SEC905
    soalnya hape ku masih monokrom alias grayscale kekekekekkeke ngepriint kaleee pke grayscale

    BalasHapus
  2. # Terima Kasih untuk JUNJUNGPURBA :
    Wah, masalah barang mahal atau tidak saya juga gak tau, masalahnya artikelnya pesanan bro. Wuakakakkkkkk. Kalau bagi saya pribadi, ya barang mahal sich..

    # Terima Kasih untuk CEBONG IPIET :
    hajar misan wengko. hahahaha. awet wingi ngakune monokrom, golek e aplikasi IUQ, mana aku percaya. wuakakakakkkk. N97 ama SE C905 mahal banget bong..

    BalasHapus
  3. ini review ada dolarnya gak sih.... *hahahahha...

    BalasHapus
  4. dasar penyamun gw jadi tawa he3....
    ia hp gw masih yang standar 2626,6275 tapi seneng juga liat N95 (mmmm kapan ya...)

    BalasHapus
  5. # Terima Kasih untuk SANG PENYAMUN :
    wuakakakkkk..
    gratis kok sahabatku..
    kalau mau pesen review gak pakai bayar kok bro..
    tenang aja, aku orang yang baik kok..
    (kalau lagi waras ya baik gini bro)

    BalasHapus
  6. # Terima Kasih untuk PUJANGGA MUDA :
    Iya nich, sang penyamun nanyanya yang aneh aneh aja..
    aku doain biar cepet bisa beli ya mas..

    BalasHapus
  7. waduh.... ternyata dah dibuat tulisan tentang n95 nya...thank banget om.... :) nanti kalau ada rejeki lah belinya.... duit sekarang buat makan dulu.... :)

    BalasHapus
  8. Wahhhh pingin jadi yang pertama komentar, telaaaaat pisan euy :)

    Keren banget reviewnya Ram. Profesional gitu :)

    Saya doain deh segera punya ini HP hehehe

    BalasHapus
  9. # Terima Kasih untuk OM ALIFAHRU :
    sama om, saya belinya kapan kapan aja kalau ada rejeki yang cukup, sekarang buat yang penting penting dulu..

    # Terima Kasih untuk BAKA KELANA :
    Emangg keran banget bro, aku juga pengen. Pengen aja, ngliatin yang punya aja, agak gak minat ma desain Slide nya..

    # Terima Kasih untuk MAS IMAN :
    Akhirnya blog ku dikunjungi juga sama MAS IMAN..
    hehehehe
    Terima kasih untuk pujian dan doanya ya mas, semoga TUHAN mendenggarnya dan mengabulkannya..

    BalasHapus
  10. pasti mahal ya mas. kalau yang murah tapi fiturnya lengkap ada nggak ya

    BalasHapus
  11. # Terima Kasih untuk mas ENDAR :
    banyak kok yang fiturnya lengkap yapi harga miring..
    tapi tentunya bukan dr brand yang terkenal seperti Nokia..

    BalasHapus
  12. uda fitur komplit, bisa di buat modem pisan
    kapan ya bisa beli hape keren ini :)

    BalasHapus
  13. # Terima Kasih untuk EROS :
    aku doain biar cepet bisa beli..
    tapi aku juga berdoa, semoga duluan aku..
    hahahahaha

    BalasHapus
  14. # Terima Kasih untuk MAS RIAN :
    emang keluaran lama bro, itu diatas aku tulisin tanggal diperkenalkan handphone ini adalah sekitar September 2006..
    abisnya ada yang minta di review in, gimana?
    mumpung aku lagi baik hati, ya aku review in aja..

    BalasHapus
  15. Mas Rampadan, gimana caranya mereset N73?

    BalasHapus
  16. Mending n85 . Lebih slim&lebih lengkap .

    BalasHapus

Disini gak dilarang berkomentar, jadi silahkan berkomentar..
Monggooo..