Kamis, 05 Maret 2009

Weton

Uwiych, kok tenggang waktu keluarnya artikel cepet banget Dan? 1 hari 1 artikel? Hehehehe..
Artikel ini buat temen temen yang males baca Pe eR Pe eR terus, kasihan aku. Wuakakakakkk. Lagian buat ngejar tanggal 5, jadi ya waktunya update artikel. Kan sebaiknya 2 hari sekali..
Lagian siapa juga yang mau baca artikelmu?
Aduuuuh, jangan gitu to, baikan dikit napa?
Tenang tenang, ini bukan promosi iklan SMS Premium kok *kirain BBM aja yang ada premiumnya*..
Pernah denger dong yang namanya WETON, kalau orang jawa pasti tau tuch yang namanya Waton..
Di iklan juga banyak, Ketik REG WETON, kirim ke rumahku. Hehehehehehe..
Kata orang jawa, Weton itu adalah hari di mana kita di lahirkan, bukan tanggalnya, tapi harinya. Seperti sekarang, ini hari Kamis Pahing, tanggal 05 Maret 2009, adalah hari di mana aku di lahirkan. Hi ih, Kamis Pahing itu harinya..
Sebagian orang gak percaya ama yang namanya Weton, tapi aku percaya, hahahaha, maklumlah keluargaku orang jawa tulen..*setauku*
Kalau di jawa, ada beberapa kepercayaan tentang Weton ini*yang aku pernah dengar lo*..

Di hari kelahiran kita (weton kita), sebagian orang di jawa akan melakkukan
puasa hajat, karena sebagian orang percaya doanya akan mudah terwujud jika
melakukan puasa hajat di hari Weton kita masing masing..
Masalah benar apa
gak, kita serahin semua sama ALLAH SWT..


Anggapan lain tentang Weton,
adalah hari dimana berbagai musibah akan menimpa kita. Anggap aja hari sial
gituh..
Nah, kalau ini aku percaya, hehehehe..
*hari gini kok ya masih percaya gitu gituan Dan?*
*gak tau ya, udah bawaan orok kali ya?*
Biasanya, kalau aku keluar rumah di saat Wetonku ini, aku bakalan tertimpa kesialan. Hehehehe..
Padahal dulu di jawa aku gak begitu memikirkan masalah Weton ini, tapi setelah pindah ke Kalimantan ini, aku jadi serius memikirkan ini, masalahnya aku pasti tertimpa kesialan kalau keluar rumah di hari hari kelahiranku ini..
Kepercayaanku itu berawal waktu aku mengalami kecelakaan truk, truk yang aku kemudikan menabrak pembatas jalan raya, itu terjadi di hari kelahiranku..
Pertama aku gak percaya, terus aku coba lagi, tepat di hari kelahiranku juga, aku mengalami kecelakaan truk lagi, truk yang aku kemudikan terbalik (baca : numplek). Sejak itu aku mulai mempercayainya..
Setelah 2 kejadian itu, secara gak sengaja aku keluar rumah di hari kelahiranku lagi, akhirnya aku mengalami kecelakaan lagi dan lagi, truk yang aku kemudikan di tabrak orang tak di kenal*lebih tepatnya, trukku di undurin ma dia*..
Tapi kejadian jelek biasanyagak akan terjadi kalau aku gak keluar rumah, seperti sekarang..
Dulu aku juga pernah maksain keluar rumah di hari kelahiranku, rencananya sich mau beli Koran aja di pasar, tapi akhirnya ya kecelakaan lagi, motor yang aku kendarai rem cakramnya lengket tiba tiba, nabrak dech jadinya..
Karena kebanyakan nabrak, makanya jadi agak gak beres nich otakku. Pelupa banget. Hahahahaha..
*kalau itu sich udah bawaan orok*
Karena hari ini aku gak boleh keluar rumah, akhirnya aku putusin posting aja sekalian. Hehehehe..
Temen temen percaya ma yang namanya WETON?

49 komentar:

  1. Kekekeke...mas mas kok yang dibahas weton....dah mau lamaran ya....sekalian mas di posting rumahnya ngadep mana, orang tuanya namanya siapa...jadi kalo mo ngelamar mas rampadan ga usah susah susah...nanya nanya.
    Besok posting artiin mimpi ya mas menurut primbon....gubrakkkkk!!!!!

    BalasHapus
  2. weton itu yang buat jembatan itu loh
    *itu beton Bong*

    Beton ini itu kumpulan kompi kompi tentara itu loh
    *itu batalyon Bong*

    Batalyon itu yang ditusuk meletus
    *itu balon Bong*

    Balon itu yang dipake di kepala itu loh
    *itu blangkon Bong*

    hayoh terusno...tak bandem Balon Aqua kwapok
    *iku Galon Bong*

    BalasHapus
  3. terima kasih :
    # yumaima : wuakakakakkk.. mbak ini buat aku ketawa aja.. *ketawa sambil guling guling*
    abise bingung mau posting apa.. aku tuch cuman posting yang aku pernah alamin doang kok mbak..
    mumpung lagi ngalamin weton, ya jadi dech artikelnya.. tau aja kalu aku lagi ngebet kawin.. *gubraakkk*
    # cebong : wuakakakakkk, ini lagi cebong ada ada aja.. galon itu yang rasanya sueger itu bong.. *kalau itu melon*

    BalasHapus
  4. Waduuuhhh,,,,, iya gitu ada hubungannya????

    BTW, sekarang ultah mu donk???
    wah, selamat ULTAH kalo iya ^.^
    moga panjang umur dan sehat selalu .....

    ckckckckcck,,, maksudmu PR apa dan???

    BalasHapus
  5. weuweu weton ku jumat kliwon tuh.. xixixixixixixixi...

    BalasHapus
  6. kadang aq juga percaya loh....
    yang penting kita niat yang baik dengan bantuan allah SWT biasanya ampuh juga....

    BalasHapus
  7. untung aku kagak tau wetonku, dan kayaknya gak kepengen tau..takut kepikiran kaya bro ram...,

    So jalani hdup seperti air yang mengalir sampai jauh.....he..he....

    BalasHapus
  8. Tau ga kalo aku keramas pake sampo clear pasti jerawat q pada nongol sakit lg,he ga tau ga cocok.. kali yah apa it weton.. Wakakak..

    BalasHapus
  9. Sebenernya orang jawa jaman dulu terkenal hati-hati dan iklas :D. Dan mempunyai Ilmu yang di sebut ilmu titen :D, jadi setiap kejadian akan di inget-inget atau di tandai baik itu kajadian baek maupun kejadian buruk tujuanya agar penerusnya lebih hati-hati dan tidak melakukan kesalahan yang sama. Dahlan Sunan Kudus membuat kitab primbon, tujuan semula adalah mengajarkan tentang bacaan Huruf Arab melalui metode pengobatan, pertanian dll. Mengajarkan membaca Bismillah untuk memulai suatu pekerjaan. Pada jaman dulu penyebaran Islam sangat berat sekali, salut dan hormat kepada para Wali Songo yang telah bekerja keras, bekerja Cerdan Dan bekerja Iklas untuk mengislamkan Masyarakat jawa.

    Kembali pada masalah weton atau hari kelahiran merupakan salah satu bentuk ilmu titen atau kehati-hatian orang jawa :D

    Wah kok panjang bgt ni komennya udah dulu nrar di protess kebanyakan komentar :D

    BalasHapus
  10. Ya ampun Rampadan. hari gini masih percaya Weton... Padahal rampadan kan dah ngerti Internet masih aja Weton. Doh...

    Jelas saja dirimu kecelakaan. Lha bloging sambil nyopir Truk gitu koq.

    Coba kalau nggak kamu ulangi pasti aman. Percaya dech (sok tahu)

    BalasHapus
  11. wah...karna casualcutie bukan org jawa jd baru tau apa itu weton.
    waduh kasian sampe kecelakaan...mungkin lg asik blogwalking jd ga liat jalan pas lg nyetir truk.heihei..

    BalasHapus
  12. terima kasih :
    # yon : jangan takut bro. aku ini gak suka gigit orang kok..
    # deta : udah kita bahas tadi via YM..
    # senoaji : cepet mati tuch bro, wuakakakakakkk..*asal bacot aja gue*
    # pencerah : alhamdulillah, ada temen yang masih waras..
    # katobengke : iya mas..
    # ijo : mengetahui weton itu perlu lo bro, xixixixxx, bisa sial lo kalu gak tau, xixixixxx..*asal bacot lagi nich*
    # mas eko : iki piye to kok ngalor ngidol komene..
    # cak win : ini postingan apa koment ya??? wuakakakakakkkk..
    # mas rofiq : iya mas..
    # casual cutie : mbak orang mana???

    BalasHapus
  13. kalau ibuku di kampung, pas wetonku pasti mengadakan slametan kecil-kecilan... :) kamu kurang sajen mungkin, makanya sering kecelakaan pas wetonmu... :)

    BalasHapus
  14. # terima kasih mas alifahru : iya mas, kalau ngadain acara slametan ya gak ada kejadian apa apa gituh, kata ibuku, aku emang kurang sajen, wuakakakakakkk..

    BalasHapus
  15. Ram ... ram ... hari gini hehehe

    Sampeyan lahir hari apa?
    Wah cocoknya jadi blogger aja hehehe

    BalasHapus
  16. Semua udah ada yg atur Mas...
    Hari gini koq masih percaya gituan sih Mas..

    Aq ki wong Jogja asli. Tp kalo soal weton, aq rasa bukan merupakan hari kesialan deh.

    Kalo hari kematian kerabat tertama Ayah atau Ibu, itu baru boleh dikatakan gitu.
    Sebaiknya jangan bepergian jauh di hari tersebut.
    Aq lg pegang primbon Jawa lho ini Mas...

    BalasHapus
  17. wekekekkeke.. lagi pada ngerumpi weton tho iki. ooaalllaaah jadi inget weton ku dewe' tapi nggak pake puasa-puasaan. hehehheh

    BalasHapus
  18. kalo bisa 3 hari puasanya, sebelum sampe sesudah neton, karena jam dan rotasi bumi tidak selalu sama dan berubah meskipun sedikit... wekeke...

    BalasHapus
  19. wehhh ojo nyebut2 weton sembarangan lo, iso dpelet kowe mengko wek:p hiahahaha jadi cocoknya kerja di air darat apa udara

    BalasHapus
  20. sesuatu kalau diyakini ya bisa saja jadi benaran terjadi, kalau dihubungkan dng psikologis mirip kalimat ini "apa yang anda pikirkan itu yang anda dapatkan" he..he..he kayaknya rada2 mirip

    BalasHapus
  21. kalo aku gak tau apa wetonku, mendingan gak tau kali yee biar kemana-mana gak was was,biasanya sesuatu yang negatif itu kalo kita tau terkadang malah jadi kepikiran terus ( itu menurutku mas )

    BalasHapus
  22. JAdi takut nunggu hari kelahiran, seharusnya bahagaia kok jadi hari kesialan. Tapi ngomong2 aku gk tau weton...

    BalasHapus
  23. terima kasih :
    # mas iman : hehehehe, aku jadi malu. jadi blogger? ini kan udah..
    # rio : awaaaaaas, si semut baca primbon. xixixixxx. mungkin anggapan orang masing masing bro.hari kematian kerabat? kemarin makan apa aja aku lupa bro, apalagi harus mengingat hari kematian kerabat. bisa stres ntar..
    # dwi : hahahaha, di sini emang tempatnya ngrumpi, hehehehe, aku juga gak begitu tau masalah itu mbak. bener mbak ya???
    # suryaden : ini beneran apa isyu bro? wekekekekkk..
    # mbak wendy : dipelet? nek seng melet cewex ayu yo gak po po mbak, xixixixxx. nek sampeyan seng melet, moh aku. xixixixxx. cocoknya kerja di bumi aja *katanya*. hahahaha..
    # hehehehe, berarti kalau mikir besok kita kaya, bisa terjadi tuch, asyiiiiiiiiiiikkk..
    # enfu : emang bener tuch mas, kalau dalam hati was was terus, bisa cepet tua kita. xixixixxx..
    # andiez : aku lebih takut nunggu hari kematian mbka, wuakakakakkk, lebih ngeri lagi tuch..

    BalasHapus
  24. Berarti kalau jalan-jalan ke blog ku boleh donk ?

    BalasHapus
  25. ahh semua kembali pada diri kita masing2. percaya sama Tuhan dalam artian percaya sama takdirNYA, apa percaya pada ilmu jawa. alhamdulillah saya menyerahkan semua pada sang khalik. ingat, tidak ada hari baik ataupun hari jelek di mata Allah seperti aturan weton.

    BalasHapus
  26. # terima kasih ros : tumben dirimu waras ros..

    BalasHapus
  27. Ya ampun ...koq musibahmu deket2 sm kecelakaan yah bro..tuh mah kurang hati2.....bukan krn weton

    BalasHapus
  28. hitungan weton gak usah terlalu dipercaya...cukup sebagai alert ajah....soale ql udah tersugestikan dlm otak yah kek dirimu itu....takut2 mw bertindak...

    inget bro just alert bukan kepercayaan

    BalasHapus
  29. wetonmu hr opo toh mas? wes bancaan bubur merah putih po urung??

    wakakakak...kaborrrrrrrr

    BalasHapus
  30. waduh... puyeng dah kl dah urusan beginian hihi..

    BalasHapus
  31. weton?
    duh, saya kok gak gitu percaya ya...


    salam kenal!

    BalasHapus
  32. Wueh, hari gini masih ada juga yg percaya begituan? Emang siapa ya yg nemukan weton?

    BalasHapus
  33. Wew bener to ada yang protess...!!!! wakakakakakakakaka

    BalasHapus
  34. terang deh, tadi sempatnya bertanya-tanya, apa itu Weton :)

    BalasHapus
  35. terima kasih :
    # girls : mungkin iya mbak..
    # miss Anna : bener banget tuch mbak, kalau udah tersugesti, pasti ya bakal terjadi, tapi kalau yakin gak bakal ada apa apa, ya pasti gak akan ada apa apa..
    # tips kecantikan : wuakakakakkkk, ini satu orang dua nick name, ya udah dong mbak anna, hehehehe..
    # mata hati : sama nich..
    # anna fardina : hahaha, emang kepercayaan orang masing masing mbak, tenang aja, ini hanya ajang ngrumpi kok..
    # ajeng : hehehe, mbah ku kali ya mbak. wuakakakakkk..
    # cak win : wuakakakakakkk..

    BalasHapus
  36. # terima kasih Xpresi : hehehehe. terus sekarang silahkan ketik REG WETON, kirim ke RUMAHKU ya. wuakakakakkk..

    BalasHapus
  37. wuahahah ada yang masih percaya sama begituan.........

    itulah indonesia.......

    kabuuur ach,..........

    BalasHapus
  38. mas Dan ...kalo percaya trus ama weton... yo wiss ndepipissss wae nyang pojokan kono ........
    opo njaluk disuwuk sisan karo mbokmu hehe :P

    tak ada hari yang buruk, semua hari itu baik. karena segala sesuatu sudah diatur Allah pada setiap diri kita masing masing...
    yang penting hati2 dan setiap akan melangkah keluar rumah kan ada doanya ... tau ga doanya?

    BalasHapus
  39. terima kasih :
    # sang penyamun : huahahahahaha. aku jadi malu, mas juga orang indonesia lo..
    # bunda :ach, bunda juga bisa bahasa jawa ya??? iya bun, tiada hari yang jelek. kalau kita yakin dan percaya ma TUHAN, pasti kita aman. Anehnya bun, yang nyuruh jangan keluar itu justru ibu saya bun, takut kalau saya kenapa kenapa..

    BalasHapus
  40. Makanya bos kalo pas hari weton banyak2 irakat dan beramal.... rak percoyo khan..??
    "Shodakoh iku biso ngilang 72 balak"

    halah piye carane ngilangke kayu balak? ha..ha..ha..

    BalasHapus
  41. # terima kasih pengin ngeblog : hahahaha, gimana kalau pingin ngeblog aja yang beramal, isiin aku pulsa dong, 20rb aja, wuakakakakakkk..

    BalasHapus
  42. kalau lahirnya kayak mbah dukun berarti cocoknyajadi penipu hehehehehehe

    BalasHapus
  43. wetonku opo yo ? rebo paing koyoke. wkwkwkk

    enakan KElon ah daripada weton

    ujan2 gini, hihihi

    BalasHapus
  44. terima kasih :
    # forlan : ngejek nich. tidaaaaakkk, itu fitnah..
    # ray : edan tenan ray ini. xixixixixxx. tak inceng ya???

    BalasHapus

Disini gak dilarang berkomentar, jadi silahkan berkomentar..
Monggooo..